digitaldistributionMembershipMusic WorldNews

DISTRIBUSI ROYALTI DIGITAL

Pada bulan April 2017, WAMI telah mendistribusikan royalti atas hak mengumumkan (performing rights) atas layanan digital. Mulai tahun 2017, WAMI menjadwalkan untuk mendistribusikan royalti atas layanan digital dua kali per tahun, sebagai tambahan dari distribusi royalti general yang dilaksanakan setahun sekali. Di samping distribusi digital dan general, WAMI juga menjadwalkan untuk melakukan distribusi royalti atas hak mengumumkan atas konser dan pementasan yang menggunakan musik, dengan frekuensi tiga kali per tahun. Dengan pola distribusi yang mulai berjalan pada 2017 ini, maka distribusi royalti general mencakup seluruh penggunaan karya musik selain layanan digital dan konser/pementasan.

Distribusi royalti digital di April 2017 diperoleh dari layanan iTunes (periode 2013-2015) dan SonyJive. Jumlah total royalti yang didistribusikan kepada komposer anggota WAMI dan penerbit musik (music publisher) berjumlah sekitar Rp. 1,2 Milyar. Sebagai informasi, layanan iTunes adalah layanan digital untuk mengunduh musik (music download) yang dikembangkan oleh perusahaan Apple yang berbasis di Amerika Serikat. Sedangkan layanan SonyJive merupakan layanan mengunduh musik yang dikembangkan oleh Sony Music Entertainment bekerjasama dengan telepon genggam Sony Ericsson. Distribusi dari kedua penyedia layanan ini diproses oleh WAMI berdasarkan laporan penggunaan karya musik yang diberikan oleh Apple Inc. dan Sony Music Entertainment Indonesia. Pendistribusian royalti berdasarkan laporan penggunaan karya musik ini merupakan upaya WAMI untuk menjunjung prinsip adil dan transparan kepada para pemilik karya.

Jadwal distribusi royalti yang selanjutnya akan dilaksanakan oleh WAMI adalah pada bulan Juni 2017 untuk penggunaan konser/pementasan, pada bulan Juli 2017 untuk penggunaan general, dan bulan Oktober 2017 untuk penggunaan digital.

SALAM MUSIK INDONESIA – HORMATI KARYA CIPTA

Previous post

[:en]How To Register As WAMI Member[:id]Petunjuk Registrasi Sebagai Anggota WAMI[:]

Next post

[:en]Ied Mubarak 1438 H[:id]Idul Fitri 1438 H[:]

admin

admin

No Comment

Leave a reply