digitaldistributionlicensingLMKNMembershipMusic WorldNews

Ketahui Hak Kamu

Eksploitasi karya cipta pada media digital terus berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi. Disrupsi digital yang terjadi di dunia turut mempengaruhi perubahan gaya hidup. Media layanan video seperti YouTube menjadi salah satu contoh media yang membuat TV konvensional mulai ditinggalkan oleh pemirsa terutama kaum muda dan millennial. Dengan berkembangnya YouTube dan menjadi salah satu sumber pendapatan, setiap orang atau badan usaha berusahan dan berlomba-lomba membuat konten atau saluran agar bisa dilihat/ditonton secara umum dan menghasilkan uang. Dari konten-konten yang di unggah, banyak sekali yang menggunakan karya cipta lagu/music. Sumber penadapatan utama YouTube saat ini masih di dominasi dari penempatan iklan pada konten atau saluran.

WAMI, selaku Lembaga Manajemen Kolektif dari para pencipta lagu dan music publisher telah melakukan kerjasama dengan YouTube terkait perlindungan hak cipta pada konten-konten yang ada di YouTube. Oleh karena itu WAMI bekerjasama dengan YouTube membuat Seminar kepada anggota WAMI khusus menjelaskan tentang YouTube yang terkait dengan hak cipta. Ini merupakan program dari bagian keanggotaan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada anggota.

Seminar dilakukan di 3 kota yaitu Jakarta (3 Juli 2017), Bandung (10 Juli 2017) dan Surabaya (25 Juli 2017). Dari tim YouTube diwakilkan oleh yaitu Muara Sipahutar (Music Partnership Manager, Indonesia), David Sheils (Head of Music Publishing APAC) dan Deo Nathaniel. Sementara dari WAMI diwakili oleh Meidi Ferialdi dan perwakilan Asosiasi Penerbit Musik Indonesia (APMINDO) oleh Irfan Aulia serta perwakilan PAMPI oleh Edy Haryatno.

WAMI akan melakukan hal serupa di tahun depan untuk kota-kota lain di Indonesia.

Previous post

[:id]WAMI GELAR MITRA PENERBIT MUSIK GATHERING[:]

Next post

This is the most recent story.

admin

admin

No Comment

Leave a reply